Ikan Wader: Pengertian, Jenis & Manfaatnya (Lengkap Dengan Gambar)

| | ,

Ikan wader merupakan jenis ikan yang dapat bertahan hidup di perairan Indonesia. Dalam bahasa Inggris ikan ini memiliki sebutan spotted barb. Adalah jenis ikan yang memiliki ukuran yang kecil berkisar mulai 100mm hingga 170mm saja.

Di Indonesia ikan wader tersebar cukup luas, mulai daerah Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga ke Lombok.

Wader merupakan jenis ikan yang termasuk dalam golongan dari suku Cyprinidae. Ikan wader bintik dua pertama kali di temukan dan dikembangkan oleh peneliti Van Hasselt tahun 1823.

Biasanya jenis ikan ini sangat mudah sekali untuk kita temui pada daerah desa yang masih memiliki suasana alam yang asri dan alami. Ikan ini hidup di air tawae seperti di sungai ataupun di danau.

Sebagai jenis ikan yang memiliki ukuran yang kecil, wader juga memiliki rasa dan citarasa nikmat dan gurih, terutama jika kita menuangkannya bareng dengan sambel terasi. Beuuh mantap pokoknya.

Jenis Jenis Ikan Wader

jenis jenis ikan wader
pusatpandang.com

Didunia, wader memiliki beragam jenis, diperkirakan terdapat lebih dari 100 jenis ikan wader yang tersebar di seluruh belahan dunia. Berikut adalah sekilas penjelasan mengenai jenis wader yang sering kita jumpai:

Wader Pari (Rasbora Argyrotaenia)

wader pari
alamendah.org

Merupakan jenis ikan wader yang memiliki bentuk seperti lunjur padia, biasa disebut dengan wader pari, di Indonesia sendiri, wader pari memiliki beberapa sebutan. Misalnya dijawa memiliki sebutan wader, wader pari atau lunjar andng, di Betawi memiliki sebutan ikan cere atau cereceh, sedankan di Sunda memiliki sebutan paray.

Wader pari dalam bahasa Inggris memiliki sebutan silver rasbora, ikan lunjar padi ini memiliki bentuk dan panjang tubuh maksimal yaitu 17 cm. Memiliki warna tubuh kuning emas danberwarna putih pada bagian bawah tubuhnya.

READ  Ikan Bader atau Tawes: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Wader pari atau lunjar padi dapat hidup di parit-parit yang dangkal, sungai dan juga danau yang memiliki tingkat kejernihan yang masih baik.

Wader Bintik Dua (Puntius Binotatus)

wader bintik dua
wikipedia.org

Di Indonesia wader bintik dua memiliki beberapa sebutan, seperti halnya wader pari. Di Jawa wader ini biasa disebut dengan wader.

Dalam bahasa Inggris wader bintik dua dikenal dengan sebutan Spotted Barb  sedangkan dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Puntius Binotatus.

Sesuai dengan namanya, wader ini memiliki ciri-ciri yakni terdapat 2 bintik yang berukuran kecil pada bagian tubuhnya. Ukuran wader pari juga kecil dan sedang, serta dapat tumbuh hingga panjang 10cm.

Walaupun sulit sekali menemui wader ini dengan ukuran yang besar, namun diantaranya ada yang dapat tumbuh hingga ukuran 17cm. Wader bintik dua memiliki 4 sungut pada bagian ujung moncongnya. Tubuhnya berwarna kehijauan dan keperakan.

Wader bintik dapat kita jumpai bersama dengan jenis wader lainnya, mulai dari yang hidup di daerah pantai bahkan hingga yang hidup pada daerah ketinggian 2000mdpl. Wader ini juga senang sekali hidup didaerah sungai yang dangkal dengan air yang jernih dan bersih.

Beberapa Jenis Wader Lainnya

macam macam ikan wader
wikipedia.org

Selain dua jenis wader yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih terdapat banyak sekali jenis wader lainnya yang tidak bisa disebutkan disini. Namun disini saya hanya akan menyebutkannya dalam bentuk namanya saja.

Berikut adalah jenis jenis wader lainnya:

  1. Rasbora argyrotaenia
  2. Rasbora aurataenia
  3. Puntius binotatus
  4. Rasbora tobana
  5. Rasbora jacobsoni
  6. Rasbora baliensis
  7. Rasbora beauforti, dan lain-lain, (bisa dicek disini)

Pada umumnya wader banyak dimanfaatkan sebagai salah satu jenis makanan untuk dikomsumsi manusia atau dijadikan lauk untuk makan.

Bahkan ada beberapa warung yang menyediakan khusus menu makanannya dengan lauk ikan wader ini sebagai salah satu menu utamanya.

READ  Ikan Sili: Penjelasan, Jenis, Manfaat Serta Ancaman Kepunahan Ikan Sili

Dengan begitu, ini menjadi bukti bahwa ikan wader memiliki cita rasa yang sangat enak, nikmat dan gurih, sehingga menjadi salah satu menu makanan yang menjadi favorit.

Dengan bentuknya yang kecil, tidak mengurangi kandungan rasa kriuk yang ada pada dagingnya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari ikan wader.

Manfaat Ikan Wader Bagi Kesehatan

manfaat wader
semuaikan.com

Biasanya ikan ini bisa kita dapatkan hanya dengan memancing di daerah sungai-sungai yang masih memiliki air yang masih bagus. Banyak para pemancing ataupun orang-orang di pedesaan memburu ikan ini karena rasanya yang gurih, selain rasanya yang gurih, wader juga memiliki  beberapa kandungan manfaat loh, nah bagi Anda yang masih belum tau apa saja manfaat yang terkandung dalam ikan wader, berikut penjelasannya:

  • Kandungan Protein

Bukan hanya rasanya saja yang nikmat, namun kandungan yang dimilikinya juga banyak manfaatnya loh. Salah satunya adalah kandungan protein yang ada didalam ikan wader ini. Wader memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Dengan mengkonsumsi wader yang berprotein tinggi ini, tentu akan begitu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan sistem imun atau kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan yang terdapat pada ikan wader juga dapat meningkatkan masa pertumbuhan otot Anda.

  • Mengandung Zat Besi

Kandungan zat besi yang terdapat didalam daging wader memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan zat besi yang terkandung dalam ikan wader sangat bagus untuk membantu perkembangan tulang dan menjaga tulang Anda dari berbagai macam serangan penyakit, seperti pengerposan tulang (osteoporosis).

  • Mengandung Asam Lemak Omega 3

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada wader sangat bagi bagi peningkatan dan perkembangan syaraf pada anak. Jadi sangat baik jika buah hati Anda suka mengkonsumsi ikan, Anda bisa memberikan ikan ini sebagai menu makanannya.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
READ  Ikan Bader atau Tawes: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan protein yang terdapat pada ikan ini tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan, bahwasanya seseorang yang memiliki asupan protein yang cukup, dipercaya mempu meningkatan sistem imun.

Nah banyak juga kan manfaat yang dapat diberikan oleh jenis ikan yang memiliki ukuran yang kecil ini. Itulah pengertian dan jenis ikan wader yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bermanfaat 🙂

Previous

14+ Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Ikan Bader atau Tawes: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Next

1 thought on “Ikan Wader: Pengertian, Jenis & Manfaatnya (Lengkap Dengan Gambar)”

Leave a Comment