Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Ikan Sili: Penjelasan, Jenis, Manfaat Serta Ancaman Kepunahan Ikan Sili

3 min read

ikan sili

Ikan sili atau berod merupakan jenis ikan yang telah lama dikenal di daerah Jawa sejak dulu. Keberadaan ikan sili sendiri semakin lama semakin sedikit dan keberadaannya bisa terancam punah.

Ikan ini adalah jenis ikan sungai yang bisa ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Ikan ini memiliki bentuk yang memanjang, hampir menyerupai belut, dan juga memiliki duri. Ikan ini termasuk dalam keluarga Mastacembelidae atau lebih dikenal dengan sebutan spine eel alias belut berduri.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga pusat informasi ikan menunjukkan setidaknya ada sekitar 83 jenis spesies ikan sili yang tersebar diseluruh dunia. Dan dari jumlah jenisnya yang demikian 15 jenis diantaranya ditemukan hidup dan berkembang di perairan air tawar di Asia dan 10 jenis diantaranya hidup di Indonesia.

Meskipun namanya cukup pendek “sili” akan tetapi macrognathus armatus ini cukup terkenal dikalangan pecinta ikan hias. Ikan yang memiliki bentuk pipih dan memanjang, serta memiliki motif batik zigzag ini sangat laku keras dan menjadi salah satu jenis ikan pengisi akuarium air tawar.

Ikan sili merupakan jenis ikan yang dapat dikonsumsi, rasanya juga sangat enak, apalagi jika diolah dan disajikan dengan sambal terasi, pasti Anda akan ketagihan untuk mencoba lagi makanan yang diolah dari sili ini.

Jenis Ikan Sili yang Hidup di Tanah Air

jenis ikan sili
credit: kicausragen22222.blogspot.com

Terdapat sekitar 10 jenis sili yang hidup dan berkembang ditanah air, diantara 10 jenis tersebut 3 diantaranya adalah macrognathus aculeatus, m. Maculatus, dan mastacembelus unicolor, ketiganya tersebut hidup di perairan Jawa.

Sepintas, jenis macrognathus dengan mastacembelus adalah sama, namun keduanya memiliki perbedaan, Jika Anda ingin mengetahui letak perbedaannya, ialah terletak pada jumlah spinna atau duri yang ada pada bagian punggungnya.

Baca Juga  Ikan Wader: Pengertian, Jenis & Manfaatnya (Lengkap Dengan Gambar)

Jenis Macrognathus memiliki duri pada punggunnya berjumlah 31 duri, sedangkan pada jenis mastacembelus jumlah durinya berjumlah 33 duri. Keduanya memiliki bentuk tubuh yang menarik dan ramping.

Di Amerika dan Eropa ikan ini biasanya dijadikan sebagai ikan untuk mengisi akuarium ruang tamu rumah mereka. Hal ini karena jenis ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik, serta warna nya yang juga menarik, sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu jenis ikan untuk peliharaan didalam akuarium.

Ikan Sili Sebagai Ikan Hias

ikan sili
credit: fjb.kaskus.co.id

Ikan sili sebagai salah satu jenis ikan hias memiliki bentuk tubuh yang popoh dengan motif batik hitam dan merah serta terdapat motif strip kuning yang terlihat sempurna. Keindahan corak yand ada pada ikan ini akan terlihat jelas ketika diletakkan pada akuarium yang minim dengan sinar cahaya.

Saat diletakkan pada akuarium yang minim dengan cahaya, ikan ini akan memancarkan semburat warna merah dengan kuning yang terpancar dari tubuhnya dan dapat mencapai hingga 55cm seperti kilatan api. Dan karena pancaran cahaya tersebut, membuat ikan ini juga mendapat sebutan belut berduri api.

Pada jenis sili macrognathus zebrinus, sili jenis ini memiliki bentuk sisi seperti batik pada zebra, dan pada jenis sili mastacembelus unicolor, sili jenis ini memiliki bentuk atau motif lurik seperti lembaran tenunan kain batik. Sedangkan pada jenis macrognathus siamensis motifnya menyerupai burung merak jantan yang sedang mengembangkan bagian ekornya.

Jenis Ikan yang Terancam Punah

ikan sili
credit: dictio.id

Dari ketiga jenis spesis sili yang hidup di daerah perairan Jawa, semuanya masih belum masuk kedalam daftar spesies sili yang terancam kehidupannya, menurut versi yang dilakukan oleh lembaga konservasi alam dunia IUCN pada tahun 2010.

Akan tetapi hasil penelitian yang dilakukan sejak 2000 disungai yang berlokasi di Jawa Tengah, populasi ikan sili sudah sangat mengkhawatirkan.

Baca Juga  Ikan Bader atau Tawes: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Penelitian yang dilakukan di daerah sungai serayu, klawing, banjaran, mengaji dan logawa. Disimpulkan dari beberapa lokasi tersebut, tidak ditemukan lebih dari 10 ikan saja. Rata-rata jumlah yang ditemui hanya berjumlah 3 hingga 4 ekor saja pada setiap tempat, dengan jumlah sili jantan lebih dominan.

Dan lebih mengkhawatirkan lagi, ketika jenis macrognathus maculatus, hanya dapat ditemukan sejumlah satu ekor saja yang berada di daerah hilir sungai serayu.

Penyebab utama dari terancam punahnya ikan sili ini ialah, pencemaran air yang terjadi akibat pestisida, herbisida dan pemakaian pupuk yang terlalu banyak ke sungai, sehingga mengakibatkan tercemarnya air yang menjadi kehidupan sili ini.

Selain diakibatkan oleh pencemaran air yang terjadi pada tempat tinggal sili tersebut, rusaknya tepian dasar sungai yang diakibatkan oleh penambangan pasir dan batu, juga merupakan salah satu faktor yang menjadi terancamnya ikan ini.

Penambangan pasir yang dilakukan ini mengakibatkan kondisi dasar sungai yang berlumpur yang menjadi tempat tinggal sili ini menjadi rusak.

Manfaat yang Terdapat Pada Ikan sili

ikan sili
credit: bigalspets.com

Selain termasuk jenis ikan yang yang memiliki corak dan motif yang berkesan indah, ternyata sili juga memiliki beberapa kandungan manfaat yang ada didalamnya, sudah tahukan Anda kandungan yang terdapat pada ikan sili, berikut penjelasannya:

  • Untuk mengobati kanker usus

Salah satu manfaat yang terkandung pada ikan sili yaitu sebagai sumber pangan, meskipun dikategorikan sebagai jenis ikan hias, ikan ini juga banyak dimanfaatkan untuk bahan pangan untuk dikonsumsi.

Kandungan vitamin D yang ada pada sili memiliki peran penting terhadap kelangsungan hidup seseorang yang sedang menderita kanker usus. Kandungan vitamin D tersebut mampu membantu menambah kekuatan dan meningkatkan kondisi kesehatan bagi penderita kanker usus.

  • Menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh

Kandungan asam lemak tak jenuh pada sili, tentu sangat diperlukan bagi berlangsungnya pertumbuhan, kandungan asam lemak tersebut juga mampu membantu untuk menurunkan kolesterol didalam darah.

Baca Juga  Ikan Keting: Pengertian, Manfaat dan Cara Memancing Keting

Hal ini membuat jalannya perncernaan menjadi mudah, sehingga dapat langsung digunakan oleh jaringan didalam anggota tubuh.

  • Menjaga kesehatan otak besar

Otak besar memiliki fungsi untuk berfikir, mengendalikan pikiran, berbicara serta mengingat. Tingkat kecerdasan seseorang dapat diukur dengan kemampuan cerebrum. Untuk menjaga agar otak Anda senantiasa sehat dan bekerja sesuai dengan fungsinya, maka mengkonsumsi ikan sili dengan teratur dalam membantu menjaga kesehatan otak Anda.

  • Membantu meningkatkan sistem imun tubuh

Ikan sili merupakan ikan yang mengandung anti inflamasi yang terdapat didalam asam lemak omega 3. Kandungan tersebut dapat membantu untuk menjagaa sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu, kandungan tersebut juga berfungsi untuk menguatkan fungsi organ yang telah melemah akibat berbagi virus yang menyerang. Sehingga sangat baik mengkonsumsi sili dengan rutin dan teratur.

  • Mengandung protein miofibril

Protein miofibril adalah bagian dalam jaringan daging ikan sili yang memiliki sifat larut dalam garam, terdiri dari miosin, aktin, tropomisiosin dan juga aktomisoin yang memiliki manfaat sebagai pembentukan gel dan proses koagulasi, terutama dari aktomiosin.

Banyak kan manfaat yang terkandung dalam ikan sili ini, maka dari itu sebagai manusia yang selalu membutuhkan kandungan yang terdapat didalam ikan ikan yang ada, tentunya kita harus senantiasa juga dalam melestarikan dan juga menjaga lingkungan hidup ikan tersebut agar selalu terjaga.

Sehingga ikan – ikan yang hidup didalmnya bisa berkembang dengan baik dan sebagai manusia, kita juga tentu akan mendapatkan banyak manfaat darinya.

Oleh karenanya, marilah kita senantiasa dengan bijak menjaga lingkungan disekeliling kita semua, karena semua itu juga manfaatnya kembali kepada diri kita masing-masing.

Sekian artikel tentang ikan sili ini semoga bermanfaat, terima kasih J

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *