Ikan Keting: Pengertian, Manfaat dan Cara Memancing Keting

| | ,

Ikan keting atau lundu merupakan sekelompok ikan air tawar yang termasuk dalam bangsa Siluriformes. Ikan ini memiliki banyak nama sebutan, salah satu nama yang paling terkenal adalah keting, kating, sengat dan beberapa sebutan lainnya, setiap daerah atau spesies biasanya masing-masing memiliki nama yang berbeda pula.

Ikan keting terdiri dari berbagai acam jenis ikan dengan ukuran kecil hingga ukuran sedang. Ikan ini diyakini berasal dari wilayah Asia Selatan dan Tenggara.

Manfaat Ikan Keting

manfaat ikan keting
wikipedia.org
  • Menjaga Kesehatan Pada Sistem Limbik

Manfaat yang pertama yang dapat diambil dari ikan keting adalah mampu menjaga kesehatan otak dengan baik, terutama pada sistem limbik, yang merupakan bagian otak manusia yang berhubungan langsung dengan alam sadar manusia.

  • Mencegah Terjadinya Presbiopi

Presbiopi merupakan keadaan seseorang yang tidak mampu melihat benda yang terlalu dekat atau benda yang berada di kejauhan. Biasanya presbiopi banyak menyerang orang-orang yang sudah memiliki usia lanjut.

  • Untuk Mengobati Belekan

Belekan yang terjadi pada seseorang biasanya diakibatkan oleh bakteri yang menyebabkan mata mengeluarkan kotoran yang banyak dan susah berhenti.

Hal ini juga akan menyebabkan bagian bulu mata akan menempel dan sulit sekali untuk membuka mata yang disebabkan oleh kotoran mata yang terlalu banyak.

Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda bisa memanfaatkan ikan keting untuk mengatasi masalah ini.

  • Mencegah Sakit Magg

Salah satu penyebab terjadinya serangan maag ialah terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat kandungan gas yang besar, salah satunya adalah kol, sawi ataupun ubi.

Bisa juga disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, ataupun alkohol dan juga soda.

Bukan hanya itu, sakit maag juga bisa terjadi akibat faktor stress, sering merokok dan terlalu banyak mengkonsumsi obat yang dapat menghilangkan rasa sakit sementara termasuk juga obat rematik. Anda bisa mencegah dan mengatasi sakit maag ini dengan manfaat yang terkandung didalam ikan keting.

  • Mencegah Penyakit Batu Empedu
READ  Ikan Bader atau Tawes: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selain berfungsi mencegah sakit maag, keting juga memiliki manfaat sebagai makanan untuk mencegah terjadinya penyakit batu empedu yang pada umumnya terjadi akibat terlalu banyak makan makanan berlemak terlalu tinggi.

Sehingga menjadikan endapan kolesterol yang terbentuk pada daerah kantung empedu. Tanda orang yang sedang mengalami sakit ini adalah rasa nyeli pada bagian ulu hati yang sering timbul.

  • Untuk Menyembuhkan Demam

Demam viral merupakan gejala yang terjadi yang diakibatkan oleh infeksi virus. Umumnya gejala ini terjadi dalam waktu yang cukup lama mencapai 9 hari. Biasanya demam ini juga disertai dengan terjadinya infeksi pada tenggorokan.

  • Mengurangi Gejala Typus

Typus merupakan keadaan demam yang diakibatkan oleh infeksi yang terjadi didalam perut yang disebabkan oleh virus. Orang yang terkena serangan typus akan mengalami demam yang tinggi dan berkepanjangan, biasanya juga dibarengi dengan munculnya sakit kepala dan diare yang menyertainya.

Untuk mengurangi dan mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan keting untuk Anda konsumsi.

  • Mengobati Penyakit Meningitis

Meningitis adalah radang yang terjadi pada bagian otak yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan pada sistem otak dan syaraf.

Selain itu, hal ini jika terus dibiarkan akan mengakibatkan terjadinya demam, dan sakit kepala disertai dengan kejang. Jika hal ini pernah Anda rasakan, Anda tidak perlu terlalu khawatir, Karena Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi keting dengan baik dan teratur.

  • Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kemih

Salah satu obat yang ampuh untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih ialah dengan mengkonsumsi ikan keting dengan rutin dan teratur. Biasanya orang yang sedang mengalami infeksi pada saluran kemihnya di tandai dengan rasa demam yang tidak tinggi namun dibarengi dengan rasa nyeri dan rasa terbakar pada bagian perut bagian bawah ketika sedang buang air kecil.

  • Mengandung Vitamin E
READ  Ikan Wader: Pengertian, Jenis & Manfaatnya (Lengkap Dengan Gambar)

Vitamin E adalah vitamin yang berfungsi sebagai penjaga kesehatan kulit serta mengontrol kadar asam lemak yang terdapat didalam tubuh manusia.

Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan terjadinya kemandulan. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk mencukupi kandungan vitamin E didalam tubuh Anda. Dalam mengatasi kekurangan vitamin E tersebut, cara paling mudah adalah Anda dapat mengkonsumsi ikan keting ini.

Cara Memancing Ikan Keting

cara mancing ikan keting
infoseputarikankita.blogspot.com

Nah setelah mengetahui bahwasanya ikan ini memiliki banyak manfaat , mungkin Anda berfikir tertarik untuk mencoba mengkonsumsi ikan keting ini.

Karena jenis ikan ini memang sangat jarang sekali diperjual belikan. Namun kabar baiknya, ikan keting ini biasanya sangat mudah sekali ditemui didaerah sungai-sungai.

Ikan ini merupakan jenis ikan yang tergolong dalam catfish, hal ini disebabkan karena ikan ini memiliki kumis dan patil serta kulit ikan ini juga tidak bersisik, seperti halnya ikan lele dan sili yang juga tidak memiliki sisik pada bagian tubuhnya.

Berbeda dengan ikan tawes yang memiliki banyak sekali sisik pada tubuhnya. Keting juga memiliki ekor yang bercabang dua, jika diperhatikan ikan keting ini memiliki kemiripan dengan ikan sembilang, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Ikan ini biasanya banyak dijumpai didaerah sungai, muara dan didaerah pinggiran laut. Beberapa diantaranya juga dapat dijumpai didaerah danau atau waduk.

Ikan keting sendiri dapat dijumpai di beberapa wilayan Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi hingga Papua.

Teknik Memancing Ikan Keting

teknik mancing ikan keting

Ikan keting merupakan ikan omnivora yang terkenal sangat rakus dalam mencari mangsa untuk dimakan. Ikan ini juga biasa beraktivitas baik siang ataupun malam hari, sehingga kita dapat menjumpainya kapan saja.

Sifat rakus yang ada pada ikan ini, terkadang membuat beberapa pemancing ikan tidak begitu menyukai ikan ini. Dikarenakan ukurannya yang mungil sehingga memiliki daging yang juga sedikit. Meskipun begitu, ikan ini sering menjadi pengganggu para pemancing yang sedang melakukan pemburuan ikan lainnya.

READ  Ikan Sili: Penjelasan, Jenis, Manfaat Serta Ancaman Kepunahan Ikan Sili

Biasanya ikan keting akan menghabiskan umpan para pemancing ikan lain yang sedang diburu, inilah alasan mengapa beberapa para pemancing tidak terlalu menyukai ikan jenis ini.

Walaupun beberapa pemancing tidak begitu suka dengan kehadiran ikan ini, namun sebagian lagi tidak sedikit pula pemancing yang juga berburu ikan ini loh. Mungkin mereka tahu, memancing ikan ini akan memberikan sensasi strike yang berbeda dengan ikan lainnya.

Percaya atau tidak, bahwasanya memancing ikan keting sangat mudah sekali dilakukan. Ikan ini bahkan dianggap sebagai ikan yang memiliki teknik pancing yang sangat mudah didapatkan.

Salah satu penyebab mudahnya ikan ini dipancing adalah karena sifat rakus yang melekat padanya, sehingga membuatnya mudah sekali didapatkan.

Jika Anda ingin memancing ikan lainnya perlu membutuhkan umpan khusus, maka dalam memancing ikan ini Anda tidak membutuhkan jenis umpan yang khusus untuk dapat memancingnya. Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan potensi yang besar untuk mendapatkan ikan ini, maka Anda bisa menggunakan jenis umpan berupa cacing, katak, ikan-ikan kecil, udang atau umpan lain yang berbau amis.

Selain memilih umpan yang pas, Anda juga harus memilih spot atau tempat pemancingan yang memiliki sumber ir yang bersih dan tidak tercemar.

Sedankan dalam teknik mancingnya, kurang lebih sama saja dengan teknik mancing ikan pada umumnya, salah satu hal penting dalam memancing adalah, Anda harus bersabar hehe.

Nah mungkin itulah informasi mengenai ikan keting, serta manfaat dan cara memancingnya, semoga bermanfaat

Previous

Ikan Sili: Penjelasan, Jenis, Manfaat Serta Ancaman Kepunahan Ikan Sili

KREATIVITAS ADALAH? Pengertian, Ciri & Perbedaannya dengan Kreatif

Next

Leave a Comment