Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Ikan Bader atau Tawes: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

3 min read

ikan bader

Ikan Bader – Ikan ini memiliki sebutan lain yakni ikan tawes. Merupakan jenis ikan  air tawar yang termasuk dalam suku Cyprinidae. Ikan tawes adalah jenis ikan yang banyak dikembangkan dan dijadikan sebagai ikan untuk dikonsumsi.

Secara alami ikan bader atau tawes ini hidup berkembang biak dan tersebar luas di kawasan Indocina dan kepulauan Sunda.

Ikan tawes sendiri sudah banyak di budidayakan pada kolam-kolam mulai dari abad ke 19. Ikan tawes / bader juga secara sengaja ataupun tidak sengaja telah tersebar dibeberapa daerah lainnya seperti Sulawesi, Filiphina hingga ke Negara India.

Nama lain dari jenis ikan ini adalah ikan tawes, bader dan beberapa sebutan lainnya, biasanya pada setiap daerah yang ditempati oleh ikan ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Sebagian juga ada yang menyebut ikan ini dengan sebutan lampan Jawa

Penjelasan dan Deskripsi Ikan Tawes (Bader)

ikan tawes
credit: elfianpermana010.wordpress.com

Ikan bader merupakan jenis ikan putihan yang memiliki ukuran yang sedang. Panjang dari ikan ini bisa mencapai 330mm.

Ikan ini memiliki alat indra berjumlah 29 hingga 31 buah. Ikan ini memiliki tinggi tubuh pada awal sirip punggung yakni 2,4 – 2,6. Sedangan pada bagian kepalanya memiliki panjang 4-2,3 berbanding dengan panjang standarnya. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda baca disini.

Ikan tawes terbesar dengan panjang tubuh mencapai 45cm pernah ditemukan disebuah waduk di Tahiland.

Ekologi Ikan Tawes (Bader)

ikan tawes
credit: mancingikan.net

Ikan tawes dapat hidup didaerah sungai dan anak sungai dan juga di daerah waduk. Jenis ikan ini memang jenis ikan yang suka dengan sumber air yang tenang.

Baca Juga  Ikan Sili: Penjelasan, Jenis, Manfaat Serta Ancaman Kepunahan Ikan Sili

Ikan ini termasuk jenis ikan herbivora, makanan utamanya berupa aneka tumbuhan air, dan berbagai jenis dedaunan yang jatuh kedalam air. Walaupun makanan utamanya adalah tumbuhan dan dedaunan namun ikan ini juga menyukai makanan lain seperti serangga, ubur-ubur, cumi-cumi dan hewan kecil lainnya yang tidak memiliki tulang belakang.

Ikan tawes dapat hidup dengan baik pada suhu air antara 22 hingga 28 derajat celcius. Sekilas ikan ini hampir sama dengan ikan wader, namun pada dasarnya ikan ini memiliki perbedaan, nah berikut ini adalah perbedaan ikan tawes dengan ikan wader.

Perbedaan Bader / Ikan Tawes Dengan Ikan Wader

ikan tawes
credit: dunia-perairan.com

Walaupun hampir sama baik dari segi nama ataupun bentuknya, ikan ini memiliki beberapa ciri dan perbedaan, berikut ini adalah ciri-ciri ikan tawes dan ikan wader.

Ciri-ciri Ikan Tawes (Bader)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ikan tawes memiliki sebutan lain yakni ikan tawes, bagi orang-orang desa, terutama daerah Jawa pasti tidak asing dengan nama ikan tawes.

Sebenarnya ikan tawes atau bader ini lebih dekat dengan kerabat ikan Nilem. Ciri ciri dari ikan bader yakni, memiliki bentuk kepala yang meruncing dan bagian punggungnya meningga ke bagian atas. Sisik ikan ini juga memiliki warna yang kemerahan.

Apabila dilihat dari ukurannya, ikan ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan wader. Ikan ini bisa mencapai ukuran lebih besar dari ukuran telapak tangan manusia dewasa.

Umpan untuk memancing ikan tawes ini juga sangat mudah didapat, karena ikan ini termasuk jenis ikan herbivora atau pemakan tumbuhan dan dedaunan, salah satu umpan yang banyak digunakan oleh para pemancing adalah dengan menggunakan rumput air sebagai umpan jitu ikan tawes / bader ini.

Baca Juga  Ikan Wader: Pengertian, Jenis & Manfaatnya (Lengkap Dengan Gambar)

Sedangkan ikan wader memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

Ciri-ciri Ikan Wader

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang ikan wader, yang merupakan jenis ikan yang sangat populer dikalangan para pemancing ikan. Ikan wader memiliki ciri ciri yang berbeda dengan ikan tawes atau bader.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, ikan wader cenderung memiliki bentuk tubuh yang memanjang, tentunya berbeda dengan ikan tawes yang memiliki bentuk tubuh yakni pada bagian punggungnya meninggi dan cenderung memiliki bentuk membulat.

Ikan wader memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ikan tawes. Ikan wader sangat populer didaerah Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ikan ini memiliki rasa yang nikmat ketika di goreng, dan tips buat Anda jika ingin mengolah ikan wader dengan menggorengnya usahakan digoreng hingga kering, karena ikan ini terkenal dengan jenis ikan yang memiliki banyak duri.

Nah itulah beberapa perbedaan mendasar mengenai ikan wader dengan bader. Selain ukurannya yang sangat besar, bader juga memiliki beberapa manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaat yang ada didalam bader:

Manfaat Ikan Tawes

ikan tawes
credit: ikan bader

Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat tawes / bader:

Sebagai Ikan Ternak

Ikan tawes adalah salah satu dari 5 jenis ikan air tawar yang paling penting dari pemeliharaan jenis ikan yang ada di Thailand. Seperti halnya dengan ikan nila. Bader adalah jenis ikan yang pemeliharaannya sangat mudah.

Selain pemeliharaannya yang mudah dilakukan, hal ini juga dikarenakan ikan ini tidak memerlukan tata cara yang ribet dalam perkembangbiakannya.

Baca Juga  Ikan Keting: Pengertian, Manfaat dan Cara Memancing Keting

Ikan tawes atau bader yang dipelihara di kolam, biasanya jarang memiliki ukuran atau bentuk tubuh yang besar melebihi ukuran 40 cm.

Sebagai Ikan Untuk Dikonsumsi

Ikan tawes atau bader merupakan jenis ikan sungai yang banyak dimanfaatkan oleh orang Asia sebagai salah satu hidangan makananan mereka. Bader adalah jenis ikan yang banyak digemari sebagai ikan goreng dan olahan masakan lainnya.

Maka dari itu tidak heran jika ikan ini banyak dicari dan diburu oleh pemancing ikan tawes, dikarenakan jenis ikan ini memang banyak yang suka dengan dagingnya.

Sebagai Ikan Pengendali Gulma

Ikan tawes atau bader merupakan jenis ikan herbivora yang memakan aneka tumbuhan yang ada didalam sungai atau air. Sifat herbivoranya ini biasanya dimanfaatkan sebagai pengendali tumbuhan gulma yang ada didalam air.

Selain itu, menurut peninjauan yang telah dilakukan terhadap ikan jenis ini, diketahui jenis ikan ini yang tidak diberi makan secara rutin, akan memakan berbagai komponen autotrof plankton yang banyak terdapat didaerah danau-danau.

Dengan makananannya yang demikian, membuat jenis ikan ini banyak dimanfaatkan juga sebagai salah satu jenis ikan yang digunakan sebagai ikan pembersih air di daerah danau.

Sebagai Ikan Donor

Selain ke tiga manfaat diatas, ikan tawes atau bader ini juga kerap kali digunakan sebagai ikan donor pesan kimiawi antar sel, atau biasa disebut dengan donor hormon hipofisis bagi ikan ikan yang akan dipijahkan.

Nah sekarang Anda sudah paham kan, apa itu yang dimaksud dengan bader atau ikan tawes, serta apa saja berbedaan bader dengan ikan wader, begitupula dengan manfaat yang terkandung didalam ikan tawes ini.

Semoga sedikit yang dapat saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 🙂

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *