Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Gerakan Manipulatif Adalah? (Pengertian, Definisi, Gambar & Contohnya)

3 min read

Apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif? – Secara sederhana gerakan ini dapat diartikan sebagai sebuah gerakan untuk melakukan tindakan sebagai bentuk dari gerak anggota bandannya dengan cara yang lebih terampil.

Keterampilan manipulatif adalah salah satu unsur dari kemampuan dasar yang perlu dipelajari oleh anak-anak bersama dengan keterampilan lokomotor dan juga keterampilan nonlokomotor.

Lalu apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif? Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian gerak manipulatif lengkap dengan contoh dan penjelasannya.

Definisi dan Pengertian Gerak Manipulatif

gerakan manipulatif
credit: youtube.com

Definisi gerak manipulatif menurut Sujiono, 2007 menyatakan bahwa gerak manipulatif ialah sebuah aktivitas yang dikerjakan oleh tubuh dengan bantuan alat pendukung.

Sedangkan menurut Pramono Dkk, 2010 menyatakan gerak manipulatif merupakan gerak yang berfungsi untuk memainkan sebuah benda atau alat tertentu, misalnya bola, raket, maupun dengan menggunakan kayu pemukul.

Salah satu contohnya adalah melempar, menangkap, menggiring, menendang ataupun memantulkan bola dan melambungkannya.

Manipulatif adalah sebuah keterampilan gerak kompleks yang dimiliki oleh setiap anak. Gerakan ini juga akan dilewati oleh setiap anak dalam memasuki usia pertumbuhan dan perkembangannya.

Oleh karenanya, jika Anda memiliki buah hati yang sedang memasuki masa perkembangan dan pertumbuhan, disarankan bagi Anda untuk selalu mengontrol buah hati Anda.

Gerakan ini adalah sebuah keterampilan dalam memanipulasi sebuah objek dengan bergerak. Kemampuan melempar dan menangkan meruapakan salah satu kemampuan manulatif yang diperlukan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Keterampilan gerakan ini mampu menjadi penopang sebagai kebutuhan gerak pada anak-anak usia dini. Adapula keterampilan lainnya, misalnya menendang dan menggiring bola adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dewasa.

Gerakan manipulatif setidaknya dibedakan menjadi tiga bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gerakan menjauhkan objek, contohnya adalah melempar, memukul dan juga menendang
  • Gerakan untuk menambah penguasaan, contohnya adalah menangkap, mengambil ataupun gerakan mengumpulkan
  • Gerakan bersama misalnya adalah membawa dan memantul-mantulkan sebuah benda.

Contoh Gerak Manipulatif

  • Melempar
gerakan manipulatif
credit: gambaraneka1.blogspot.com

Pada umumnya, melempar dapat di maksudkan sebagai sebuah kemampuan manipulatif dimana gerakan ini dilakukan oleh satu tangan ataupun dengan menggunakan dua tangan sekaligus untuk melontar atau melemparkan sebuah objek untuk menjauhi tubuh menuju ruang atau tempat tertentu.

Sebuah objek atau benda yang sedang dipegang akan diayunkan pada arah tertentu, dan kemudian dilemparkan. Gerakan melempar ini dibutuhkan kekuatan lengan dan juga koordinasi dari beberapa unsur gerakan lainnya misalnya lengan dengan jari yang harus melepaskan objek atau benda yang sedang dipegang pada saat yang tepat.

  • Memukul
gerakan manipulatif adalah
credit: penjasorkes.com

Gerakan manipulatif yang kedua ialah memukul, pengertian memukul dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang dilakukan oleh satu tangan atau dua tangan sekaligus atau juga bisa menggunakan alat dengan maksud memberikan sebuah gaya dorongan terhadap suatu benda atau objek.

Gerakan yang satu ini dapat dilatih dengan menggunakan benda yang dapat bergerak misalnya menggunakan objek bola.

Cara melakukannya adalah, bola akan dipukul dengan memakai alat untuk memukul bola tersebut. Biasanya gerakan ini sering dimanfaatkan dalam permainan bola kasti.

  • Menendang
gerakan manipulatif adalah
credit: http://ptkpenjas.blogspot.com

Gerakan menendang secara sederhana dapat diarkan sebagai sebuah gerakan yang menggunakan kaki untuk memukul sebuah objek.

Gerakan ini biasanya dapat dilakukan dalam dua jenis, yakni dengan menendang objek yang ada di permukaan tanah atau menendang objek atau bola yang sedang melampung diudara.

  • Menangkap
gerakan manipulatif adalah
credit: mengerjakantugas.blogspot.com

Gerakan menangkan adalah gerakan yang secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu gerakah untuk menghentikan sebuah objek, kita pasti sudah paham kan apa yang disebut dengan menangkap.

Gerakan menangkap pada umumnya memanfaatkan kedua tangan untuk menghentikan objek, biasanya objek yang ditangkan adalah sebuah objek yang melayang. Contoh dari gerakan menangkap ini adalah menangkap bola voli yang sedang dilempar.

Gerakan menangkap ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan visual untuk dapat mengikuti gerakan dari objek yang akan ditangkap.

  • Menggiring
gerakan manipulatif adalah
credit: jadwalnba.com

Gerakan menggiring merupakan sebuah gerakan yang dapat diartikan sebagau suatu gerakan untuk membawa sebuah objek dari satu tempat menuju tempat lainnya, gerakan ini bisa dilakukan dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan kaki.

Dalam melakukan gerakan menggiring, dibutuhkan sebuah kordinasi yang baik antara mata dengan kaki atau mata dengan tangan.

Contoh dari gerakan menggiring ini adalah menggiring bola dengan kaki atau menggiring bola dengan menggunakan tangan seperti dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan memantulkan bola dilantai.

Jadi selain menggiring, memantulkan juga bisa dikatakan sebagai salah satu dari gerakan manipulatif.

  • Menggelindingkan
gerakan manipulatif adalah
credit: hipwee.com

Menggelindingkan sebuah objek ialah suatu gerakan untuk memindahkan sebuah benda dari suatu tempat menuju ketempat lainnya dengan cara digelindingkan ditanah ataupun dilantai dengan arah tertentu.

Biasanya gerakan ini biasa dipakai untuk menggelindingkan sebuah objek yang memeiliki bentuk lingkaran, misalnya bola, cakram, ban mobil atau benda lainnya yang memiliki bentuk lingkaran atau bulat dan dapat digelindingkan.

Cara Menilai Hasil Belajar Gerak Manipulatif

gerakan manipulatif adalah
credit: kompasiana.com

Dalam menilai hasil belajar gerak manipulatif tehadap anak-anak, dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap penampilan anak saat sedang melakukan gerakan manipulatif dan rangkaiannya.
  2. Kemajuan dari kemampuan dalam melakukan gerak ini dapat dipantau melalui pengamatan yang berturut-turut dan berkelanjutan.
  3. Penilaian dalam kemampuan psikomotor pada anak-anak dapat dilakukan dengan melakukan tes pada penampilan atau peragaan.
  4. Pengamatan meliputi dari gerakan awal, utama hingga gerakan akhir dari keterampilan gerakan yang sedang dinilai.
  5. Penilaian dalam pengamatan ini dapat dengan menggunakan skala 1 hingga 5:
    • Angka 1 diberikan apabila gerakan tidak sesuai dengan konsep
    • Angkat 2 diberikan untuk suatu gerakan yang dilakukan sebagian kecilnya telah menggunakan konsep
    • Angka 3 diberikan apabila sebagai cara sudah dilakukan dengan konsep.
    • Angka 4 diberikan apabila sebagian besarnya telah sesuai dengan konsep
    • Dan angka 5 diberikan jika gerakan yang dilakukan sudah memenuhi konsep yang sudah diberikan.

Nah itulah contoh gerakan manipulatif yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membaca juga pengertian seputar jenis gerakan lainnya seperti gerakan lokomotor dan nonlokomotor yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *