Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Dwi Darma Pramuka (Pengertian, Makna dan Penjelasannya Lengkap)

2 min read

Dwi Darma Pramuka

Dwi Darma Pramuka – Setelah sebelumnya sudah di bahas mengenai Dwi Satya Pramuka yang memiliki arti yakni dua janji. Dwi Satya adalah kode kehormatan yang dimiliki oleh Gerakan Pramuka di golongan siaga.

Kita sebagai anggota Gerakan Pramuka wajib menjalankan Dwi Satya Pramuka dan juga Dwi Darma Pramuka. Karena memang sudah sepatutnya untuk kita melaksanakan kode kehormatan tersebut.

Sedangkan untuk Dwi Darma yakni memiliki arti yakni Dwi adalah “dua” sedangkan Darma yakni “pengalaman”. Dwi Darma sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno yang biasa disebut dengan Bahasa Sansekerta.

Jadi Dwi Dharma dapat diartikan sebagai pengalaman seorang Pramuka siaga yang wajib dilaksanakan didalam kehidupannya.

Seperti halnya dengan Dwi Satya, Dwi Dharma adalah kode kehormatan Gerakan Pramuka di golongan Pramuka Siaga. Berikut adalah isi atau teks dari Dwi Darma Pramuka:

Dwi Darma Pramuka

teks dwi darma pramuka
credit: naluripramuka.blogspot.com
  1. Siaga itu patuh pada Ayah dan Ibundanya
  2. Siaga itu berani dan tidak putus asa.
Baca Juga  Dwi Satya Pramuka (Pengertian, Makna, Arti & Penjelasannya, Lengkap)

3 Makna atau Poin Penting dalam Dwi Darma

makna dwi darma pramuka
credit: pramukasolid.blogspot.com

Didalam Dwi Dharma terdapat 3 point penting yang perlu kita ketahui sebagai anggota Pramuka Siaga, beberapa poin tersebut adalah sebagai berikut ini:

Pertama, Patuh terhadap kedua Orang Tua, yakni patuh kepada Ayah dan juga Ibu. Dalam hal ini anggota Pramuka Siaga harus mengamalkan janji ini, tidak boleh melakukan pembantahan terhadap apa yang dikatakan ataupun yang diperintahkan oleh kedua Orang Tuanya, yakni apapun yang dikatakan oleh Ayah dan Ibunya.

Terlebih jika kita sebagai Anggota Pramuka yang beraga Islam, dimana dalam Islam membantah perintah kedua Orang Tua berarti anak tersebut disebut anak yang durhaka terhadap kedua Orang Tuanya. Dan dalam hal ini Allah tidak menyukai seorang anak yang durhakan terhadap kedua Orang Tuanya.

Kedua, kemudian yang kedua adalah seorang anggota Pramuka Siaga harus memiliki rasa keberanian didalam dirinya. Rasa keberanian disini jangan kita artikan dengan persepsi negatif ya.

Maksud kata berani dalam hal ini adalah berani dalam mempertanggung jawabkan apa pun yang telah terjadi dan yang telah diperbuat olehnya. Selain itu anggota Pramuka Siaga juga harus berana mencapai prestasi, berani dalam mengambil sebuah keputusan yang baik, baik untuk dirinya maupun untuk kelompoknya.

Baca Juga  Dasa Dharma Pramuka dan Artinya (Lengkap Dengan Penjelasannya)

Ketiga, Anggota Pramuka Siaga tidak boleh putus asa dengan apa yang telah menjadi cita-citanya, dengan apa yang menjadi harapannya, dan juga keinginannya yang masih belum bisa dicpai.

Nilai pendidikan disini bahwa Pramuka Siaga harus memiliki rasa optimisme, rasa bersungguh-sungguh, berusaha dengan keras untuk menjadi lebih baik dalam mencapai apa yang menjadi cita-cita dan keinginannya.

Tentang Dwi Satya dan Dwi Darma

Dwi Satya dan Dwi Darma
credit: pramukakuningan.or.id

Mengenai Dwi Satya dan Dwi Darma Pramuka yang sudah dijelaskan diatas, memang selalu disesuaikan dengan lingkungan dan pergaulan hidup dari anggota Pramuka Siaga yang terpusat dalam lingkungan keluarga. Selain itu juga dengan taraf perkembangan Jiwa anak Siaga yang ada didalam tingkat mengenal nilai-nilai sosial dalam batas luasnya pandangan anak tersebut.

Sebagai pembina siaga harus memiliki rasa hati-hati dan penuh dengan ketekunan dalam melakukan bimbingan dan mendorong serta mengarahkan anak siaga dengan cara-cara yang sesuai.

Baca Juga  Dasa Dharma Pramuka dan Artinya (Lengkap Dengan Penjelasannya)

Secara praktis cara menjelaskan dan menanamkan pengertian mengenai Dwi Satya dan Dwi Darma adalah dengan menyuruhkan untuk menghafalkannya sebagai usaha pertama supaya anak-anak siaga selalu ingat dengan Dwi Satya dan juga Dwi Darma, terlebih hal tersebut merupakan sebagai kode kehormatan dan ketekunan budi pekerti yang berlaku bagi dirinya dimanapun mereka berada.

Akan tetapi ada hal yang lebih penting dari itu, yakni bagaimana cara menjelaskan pengertian Dwi Satya dan Dwi Darma tersebut agar benar-benar mampu menjiwai sikap batinnya.

Dalam hal ini untuk menjelaskannya kepada anak-anak siaga sebaiknya dilakukan dengan cara-cara yang mudah dipahami dan mudah diterima oleh anak-anak tersebut, misalnya dengan menjelaskannya dengan cerita-cerita sederhana yang sesuai dengan dunia anak tersebut.

Selain itu, untuk menanamkan Dwi Satya dan Dwi Darma kepada anak-anak tersebut, juga dapat dilakukan dengan memberikan tugas kepada anak-anak tersebut. Dan cara lain untuk dapat menamkan nilai-nilai yang terdapat didalam Dwi Satya dan Dwi Darma adalah dengan mengadakan tanya jawab.

Mungkin itu saja yang mampu saya sampaikan mengenai Dwi Darma Pramuka, saya sangat mohon maaf atas dangkalnya pengetahuan saya, jika ada kesalahan dengan senang hati saya menerima kritikan untuk menjadikan konten ini menjadi bermanfaat untuk kita semua dan generasi penerus Bangsa Indonesia tercinta ini.

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *