Dari Blogger Hijrah Ke WordPress

Dari Blogger Hijrah Ke WordPress – Hai sobat Gopensil, pada kesempatan kali ini saya akan menulis cerita saja. Yaps hanya sebuah cerita mengenai pengalaman saya ngeblog mulai dari awal hingga sekarang tepatnya ketika ngeblog mulai dari menggunakan blogspot hingga sekarang pindah ke wordpress.

Perbedaan Blogger dengan WordPress

Sebelum saya bercerita lebih jauh mengenai pengalaman saya mengapa hijrah dari Blogger ke WordPress, pertama-tama akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu Blogger dan WordPress menurut pengertian saya. Kalau kamu nggak suka dengan cara saya menjelaskan bisa cari di Google wkwk.

Blogger

Saya mulai dari Blogger, Blogger.com merupakan platform blog yang gratis, dan banyak sekali pengguna blogger ini. Blogger adalah platform blog asli milik Google.

Fitur-fitur yang ada di Blogger pun juga sangat lengkap, selain lengkap kamu bisa menggunakan ribuan hingga jutaan theme gratis yang ada dan bertebaran di Internet. Dengan begitu kamu nggak perlu beli theme untuk blogger ini, cukup download dari sana-sini jadi deh.

Salah satu kelebihan dari blogger adalah, domainnya yang bisa di custome sesuai keinginan. Tentunya ini sangat membantu kita dan sangat bermanfaat banget. Jadi misalnya URL blog sobat pengguna blogger yang awalnya adalah [https://gopensil.blogspot.com] bisa dirubah menjadi [https://www.gopensil.com]. 

Trik custome domain tersebut juga saya gunakan ketika masih menggunakan blogger dulu, walaupun sekarang saya lebih memilih wordpress sebagai tempat bernaung. Jika sobat Blogger yang ngeblog pake platform blogger ingin custome domain blog sobat, bisa dengan beli domain di Jagoan Hosting, mumpung lagi ada promo dan harganya juga lebih bersahabat.

Selain itu dengan menggunakan blogger kita nggak perlu menyewa hosting, karena blogger sudah menyiapkan penyimpanan file blog kita yang unlimited alias tanpa batas. Namun tentunya ada sisi keuntungan dan kekurangannya juga. Untuk keuntungan dan kekurangan dari menggunakan wordpress atau blogger bisa lihat di postingan saya berikut ini [Platform Ngeblog Paling Keren].

WordPress

WordPress merupakan salah satu platform blogger yang paling banyak digunakan oleh para blogger, baik itu pemula maupun yang sudah mahir dalam menggeluti dunia blogging.

WordPress sendiri di bagi menjadi dua jenis, yakni WordPress.com dan WordPress.org. Kedua platform ini sama-sama bisa digunakan untuk ngeblog namun tetap memiliki perbedaan yang jauh. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress dot com dan Wordpres dot org

Walaupun sama-sama wordpress tapi tetep ada bedanya donk..

WordPress Dot Com

WordPress.com merupakan salah satu platform ngeblog yang keren, responsive dan SEO friendly. Sama halnya seperti dengan Blogger, WordPress adalah salah satu jenis platform ngeblog yang gratis. Juga tersedia ribuan template gratis didalamnya.

WordPress juga merupakan salah satu platform blogger gratis yang bisa di custome domain layaknya Blogger. Bedanya jika ingin menggunakan fitur custome domain di wordpress.com, maka sobat harus membeli domainnya juga pada pihak wordpress.com.

Berbeda dengan Blogger yang membebaskan pemiliknya untuk custome domain dari penyedia domain mana saja yang sobat sukai. Walau begitu wordpress juga menyediakan kelebihan lainnya, salah satunya jika kita custome domain di pihak wordpress sendiri maka kita juga akan diperlakukan dengan baik.

Salah satunya kita akan mendapatkan akses ratusan template berbayar secara bebas dan support yang sangat memadai, dan tentunya template yang diberikannya SEO Friendly dan lebih mudah dilakukan custome tampilan.

Nah tinggal apa kata sobat, nih mau pilih wordpress atau blogger?

WordPress Dot Org

Nah wordpress.org merupakan jenis blog yang paling buwanyak di pake orang-orang di seluruh dunia. Mulai dari blogger pemula, pebisnis, hingga perusahaan besarpun banyak yang memanfaatkan wordpress.org.

Bukan tanpa alesan mereka memanfaatkan wordpress.org sebagai platform untuk blog atau website mereka. Salah satu hal yang membuat banyak sekali pengguna wordpress.org adalah, CMS ini bisa di gunakan dan dijalankan di Hosting Sendiri.

Jadi intinya nanti kita nggak numpang lagi hostingnya, seperti kalau wordpress.com atau blogger, walaupun kita sudah custome domain sendiri tetap hosting numpang di platform mereka. Sedangkan jika menggunakan wordpress.org maka kita perlu memiliki hosting sendiri.

Fitur-fitur di platform wordpress.org ini sangat lengkap dan kompleks, bahkan sobat bisa membuat toko online, website berita, blog pribadi dan lain-lainnya hanya dengan menginstal wordpress dan beberapa plugin pelengkap lainnya.

Hal inipula yang membuat saya hijrah dari blogger ke wordpress.org.

Jika sobat ingin menggunakan wordpress.org hal yang sobat perlukan adalah, pertama adalah domain dan kedua adalah hosting. Untuk domain bisa beli di Jagoan Hosting, lagi ada promo disana, InsyaaAllah lebih murah.

Sedangkan jika ingin membeli hosting sobat bisa membelinya di Jagoan Hosting juga, nggak usah takut harganya mahal, karena di Jagoan Hosting juga menyediakan paket Hosting Kece Jagoan Hosting yang bisa sobat cobain. Harganya juga sangat terjangkau dan sangat bersabahat dengan budget kita.

Tunggu apa lagi #SobatJagoan yuk buruan cobain sekarang juga Hosting Murah dari Jagoan Hosting

Mengapa Pindah di WordPress?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, ada beberapa hal yang membuat saya pindah menggunakan wordpress, yaitu dengan menggunakan wordpres saya bisa memakai hosting sendiri, dan bisa memanage hosting saya dengan leluasa nggak harus terikat dengan Blogger.

Selain itu wordpress memiliki banyak sekali theme yang mudah diatur, walaupun blogger juga menyediakan banyak sekali theme, namun tetap saja agak ribet pengaturannya. Dan apabila kita maksa memakai blogger dan ingin tampilan blog atau website kita menarik banget, ya kita harus memahami bahasa pemorgraman blogger, salah satunya adalah XML, dan CSS yang digunakan di platform blogger.

Namun bagi sobat yang masih pemula menggunakan blogger juga asyik kok nggak usah takut dengan blogger, lagi pula kebanyakan pemakai wordpress dulunya kalau belajar mereka menggunakan blogger juga.

Bahkan hingga saat ini banyak sekali komunitas pengguna blogger, seperti misalnya Arlina Design yang merupakan Developper template blogger di Indonesia [bisa lihat karya template bloggernya di IdnTheme], dan adapula Mas Sugeng yang juga seorang Developper theme untuk blogger yang banyak disukai oleh para blogger yang maen di Adsense.

Walaupun Mas Sugeng saat ini menggunakan WordPress, namun awalnya Mas Sugeng juga merupakan pengguna Blogger. Dan hingga saat ini Mas Sugeng terus mengembangkan template bloggernya.

Sejak Kapan Kenal dan Mulai Ngeblog

Awal mula saya mengenal blog dan mulai ngeblog adalah ketika saya masih SMP tepatnya waktu itu saya masih menggunakan blogspot (blogger).

Bahkan blog saya yang pertama ini masih aktif dan masih ada di internet dengan alamat URL [http://icnd-reza.blogspot.com]. Walau masih aktif dan masih bisa diakses, tapi saya udah lupa username dan passwordnya hehe.

Dulu saat pertama kali belajar ngeblog yang paling saya kenal adalah blogspot dari blogger dan juga wordpress. Walau sebenernya ada satu platform lagi yang juga pernah saya pakai saat belajar ngeblog, platform tersebut bernama MyWapBlog. Dulu platform tersebut adalah salah satu platfom blogger yang paling banyak di pakai, karena tampilannya yang responsive dibandingin yang lainnya (menurut saya sih).

Namun seiring berkembangnya jaman, akhirnya MyWapBlog tergeser oleh WordPress dan Blogger. Dan saat ini sepertinya MyWapBlog sudah gulung tikar dari dunia blogging.

Daftar Google Adsense

digitalinformationworld.com

Setelah bertahun-tahun ngeblog dan belajar pemrograman website di Kampus Kemandirian. Akhirnya saya mulai mendalami dunia blogging lebih serius, walaupun masih menggunakan blogger waktu itu.

Ketika saya mendaftar Google Adsense pun waktu itu saya menggunakan platform blogger (blogspot). Dan sempat beberapa kali ditolak oleh Google karena beberapa hal yang masih belum terpenuhi dan memang waktu itu blog saya belum cukup keren untuk terlihat #AutoKeren hehe.

Walaupun begitu, saya tetep berusaha, hingga tiga kali di tolak oleh Google Adsense, namun tentu saja saya nggak nyerah dan terus-terusan mencobanya hingga Alhamdulillah diterima dan bisa kerjasama bareng dengan Google, ya seneng sih.

Waktu saya mendaftar Google Adsense, blog yang saya gunakan adalah [gopensil.blogspot.com] yang saya custome domain menjadi [www.gopensil.com]. Merupakan website ini yang sekarang saya pakai ini.

Jadi awalnya blog ini sudah banyak sekali postingannya dan sudah banyak pengunjung yang mengunjungi website saya hingga ribuan. Tentunya ini traffic yang besar untuk mendukung Adsense saya, namun walaupun trafficnya sudah lumayan, tingkat penghasilan yang saya dapatkan tidak sesuai dengan traffic yang ada.

Mungkin karena artikel saya yang kurang SEO friendly, bisa juga sih. Namun ada hal lain juga yang membuat penghasilan dari Google Adsense nggak kunjung cair. Salah satunya adalah penempatan iklan yang salah.

Karena saya menggunakan blogger tentu agak ribet dalam menentukan letak kode adsense yang akan di munculkan. Karena jika menggunakan blogger akan sulit sekali dalam penempatan iklan secara otomatis, walaupun bisa namun harus mengerti teknik pemrograman yang bagus.

Jadi hal ini juga merupakan salah satu langkah saya pindah di WordPress, agar bisa menmpatkan iklan secara otomatis, karena di WordPress.org terdapat banyak sekali plugin yang dapat digunakan untuk menempatkan iklan Google Adsense secara otomatis, tanpa harus paham bahasa permograman sedikitpun.

Traffic Website Down

Mengapa traffic saya down?

Jadi website saya down karena beberapa hal, screenshoot diatas adalah ketika masih menggunakan blogger custome domain. Salah satu yang membuat website saya down waktu itu adalah ketika saya berhenti bekerja selama 3 bulanan, selama saya nganggur tersebut saya nggak pernah ngeblog, jadi trafficnya nggak bisa saya lihat karena udah nggak keurus.

Selanjutnya adalah karena mungkin ada beberapa postingan yang kurang SEO Friendly yang membuatnya tidak bisa naik peringkat Google. Maka dari itulah saya menghapus semua postingan yang ada di Website ini.

Walaupun ada beberapa artikel saya di website ini yang pencariannya sudah puluhan ribu, tapi berusaha saya ikhlaskan untuk menulis artikel yang lebih baik lagi, dan artikel tentang Hijrah dari Blogger ke WordPress ini adalah artikel pertama setelah hijrah.

Semua Postingan di Hapus

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, saya menghapus artikel di blog gopensil.com ini adalah karena ingin memperbaiki SEO dan kualitas penulisan yang baik dari ketika pengalaman selama ngeblog menggunakan blogger menuju wordpress.

Kan namanya juga Hijrah dari Blogger ke WordPress, jadinya semua tulisan yang nggak berkualitas dari selama menggunakan blogger saya hapus semua dari blog ini, dan memulai artikel yang lebih berkualitas dan lebih bermanfaat.

Sebenernya artikel di massa ketika menggunakan blogger dulu juga nggak menyalahi aturan, hanya saja kurang rapi dan kurang tertata dengan baik saja tata bahasanya. Jadi saya hapus semua dan memulai dengan yang baru!.

Walaupun traffic artikel yang dulu sudah lumayan banyak nggak apa-apalah kan bisa di buat lagi dan di redirect ke postingan baru yang ada di blog ini.

Langkah-Langkah Jika Ingin Membuat Website [Tips Memilih Domain dan Hosting]

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info tips dan trik dalam memilih nama Domain dan dimana membeli Hosting yang bagus untuk sobat yang masih pemula dalam dunia blogging. Mau tau caranya? lanjut baca, kalau nggak mau tau, ya baca aja biar nanti tau hehe..

Memilih Nama Domain Yang Keren

Udah tau domain belum nih? domain bisa di ibaratkan dengan alamat sebuah rumah, hanya saja berbentuk digital dan tidak bisa dicari di dunia nyata. Contoh domain adalah : Ichsani.com dll.

Dalam memilih nama domain usahakan menggunakan nama yang bagus yang belum pernah ada sebelumnya. Bisa juga dengan menggunakan nama domain yang nggak ada artinya hehe.

Atau bisa juga dengan menggunakan nama domain yang menggunakan nama sobat sendiri. Hal yang perlu di hindari ketika menggunakan nama domain adalah hindari penggunaan domain yang memiliki arti umum yang banyak yang make.

Nah untuk membeli domain yang murah dan berkualitas, sobat bisa membelinya di Jagoan Hosting.

Memilih Hosting Yang Murah Tapi Nggak Murahan di Jagoan Hosting

Nah bagi #SobatJagoan yang ingin tampil #AutoKeren saya kasih tau nih tempat daftar hosting paling kece dan murah banget, cocok banget bagi sobat yang baru memulai dalam belajar ngeblog.

Dalam memilih hosting keren ini saya ingin merekomendasikan #SobatJagoan untuk membeli domain dan hosting di Jagoan Hosting. Mengapa harus di jagoan hosting? berikut ini saya jelaskan ya.

Website Kamu Bakalan Lebih Keren Dengan Menggunakan Jagoan Hosting

Dengan menggunakan Jagoan Hosting, website sobat akan tampil lebih keren dengan teknologi terbaru yang updtodate. Beberapa fitur yang diberikan oleh layanan Jagoan Hosting adalah : Cloud Linux Sever, WordPress Support, LiteSpeed, dan Analytic Tools.

Cloud Server Linux, artinya server yang digunakan oleh Jagoan Hosting adalah server yang berbasiskan OS Linux. Linux sendiri sudah terkenal dengan servernya yang stabil dan aman dari serangan hacker. Karena hingga saat ini kebanyakan jenis server yang paling banyak dipakai adalah Jenis Server Linux. Jadi Sobat Jagoan akan mendapatkan keuntungan ini saat sewa hosting di Jagoan Hosting.

WordPress Integration, artinya jika sobat menggunakan layanan Hosting Kece Jagoan Hosting, maka sobat dapat menginstal CMS WordPress dengan gratis. WordPress sendiri adalah salah satu CMS paling terkenal dan paling banyak penggunananya karena stabilitas, responsitivitas, SEO Friendly, dan banyak lagi dukungan lainnya yang bisa didapatkan tanpa harus membayar, alias GRATIS.

LiteSpeed Cache, Nah yang nggak kalah keren jika sobat menggunakan layanan Hosting Kece Jagoan Hosting, secara otomatis sobat sudah mendapatkan layanan ini.

Analytics Tool, dengan menggunakan layanan Hosting Kece Jagoan Hosting, sobat akan diberikan layanan yang bernama Analytics Tool. Tool ini memiliki fungsi sebagai alat untuk memantau traffic blog sobat dimanapun dan kapanpun sobat berada. Asalkan ada koneksi internet dan laptop untuk membukanya hehe..

Hosting Kece #AutoKeren dari Jagoan Hosting

Paket Hosting kece ini dihadirkan buat sobat blogger yang ingin memiliki website dengan harga yang terjangkau namun dengan performa yang faster. Paket hosting ini cocok banget buat sobat pemula yang masih pertama kali terjun ke dunia blogging.

STOCK TERBATAS, Paket hosting kece ini terbatas loh sobt, yuk buruan di order keburu habis loh promonya. Cek Langsung DISINI

Fitur Yang Ada di Jagoan Hosting

  1. Cloud Linux For Security and Resource
  2. Easy add Modul PHP
  3. Easy Instal WordPress
  4. Full Manage DNS
  5. Multi PHP Version
  6. PHPMyAdmin
  7. Virus Scanner
  8. FTP Uploud
  9. Lite Speed Cache
  10. Dll

Gimana Caranya Menggunakan Hosting Kece Yang Ada di Jagoan Hosting?

Jika sobat tertarik dan ingin menggunakan layanan Hosting Kece Jagoan Hosting, namunbelum tahu caranya, nggak usah khawatir apalagi frustasi, disini ada juga layanan yang menyediakan tutorial tentang bagaimana menggunakan layanan tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan Klik Disini.

Amankan Hosting Kece Jagoan Hosting Kamu Sebelum Hilang di Tikung Orang!…

Nah yang terakhir, apabila sobat jagoan belum booking tuh promo yang wah, buruan di booking deh, biar nggak kehabisan promonya. Nggak usah pikir-pikir lagi deh, lumayan itu cuman 11 ribu setahun. Cuman ada sekali loh sobat.

Ya Seenggaknya cobain aja deh setahun aja cuman 11 ribu kok, dari pada nanti sobat nyesel nggak ambil kesempatan emas ini, bikin nggak bisa bikin tidur nih kalau nggak di cobain hehe..

[Sebagian gambar dari Jagoan Hosting]

Penutup

Itulah cerita mengenai Hijrahnya blog saya dari Blogger ke WordPress. Kalau blognya saja sudah hijrah masak orangnya nggak hijrah juga, ya malu donk hehe

Jangan lupa cobain promo Jagoan Hostingnya ya, nggak bosan-bosannya nih saya ngingetin sobat hehe :v

Nah itulah beberapa cerita yang bisa saya bagikan kepada sobat mengenai pengalaman saya ketika ngeblog dari blogger hingga pada akhirnya hijrah menggunakan wordpress. Semoga bisa bermanfaat  dan terima kasih atas kunjungannya 🙂

4 Replies to “Dari Blogger Hijrah Ke WordPress”

  1. Masih banyak yang belum biasa saya capai diblogger gan, setelah sudah meraih semua, mungkin saya bakal hijrah ke WordPress…

    1. kalau wordpress.com gratis, tapi kalau self hosted atau wordpress.org bayar gan, seperti website saya ini menggunakan wordpress.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *