9 Tempat Wisata Bromo Ini Keren Abis! Jangan Terlewatkan Untuk Dieksplore

Tempat Wisata Keren di Bromo – Hay sobat rumput hidup, apa kabar sobat?..

Pada malam ini saya akan menguploud beberapa tempat menarik yang ada di daerah Gunung Bromo. Keindahan wisata Bromo selalu membuat traveler kecanduan untuk terus mengeksplor-nya.

Bukan hanya bagi wisatawan lokal saja, bahkan ada juga wisatawan mancanegara yang keranjingan mendaki gunung yang penuh dengan cerita mistis ini. Daya tarik utamanya adalah pemandangan matahari terbit keemasan dengan kawah yang eksotis.

Untuk mengunjunginya, Anda perlu menggunakan kendaraan tipe 4 WD seperti land cruiser, jeep Toyota, atau hartop. Umumnya, pengunjung hanya mengetahui 4 lokasi saja yang layak untuk dieksplor.

Yaitu Kawah Bromo, spot sunrise, Bukit Teletubies dan padang Rumput Savana. Padahal masih banyak objek wisata sekitar Bromo yang patut untuk disambangi. Apa saja? Mari, bahas bersama 9 tempat wisata Bromo yang jarang diketahui:

Penanjakan 1 Gunung Bromo

Penanjakan Satu Gunung Bromo – Tempat ini merupakan yang tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo. Lokasi ini cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Penanjakan 1 sering juga disebut sebagai view point sunrise terbaik. Lokasi Penanjakan 1 lebih difavoritkan oleh pengunjung untuk melihat matahari terbit ketimbang lokasi lain.

Letaknya ada di bagian barat Pegunungan Tengger. Untuk mencapainya, Anda wajib menggunakan kendaraan hartop atau jeep, sebab aksesnya dipenuhi dengan tikungan tajam. Jika tidak ingin menggunakan hartop, Anda bisa memilih sepeda motor.

Nah, di atas ketinggian 2.770 mdpl, Anda bisa melihat proses terbitnya matahari dengan sempurna. Spot sunrise lain yang bisa Anda pilih diantaranya Penanjakan 2, Bukit Cinta, dan Bukit Kingkong.

Bukit Mentigen Gunung Bromo

Bukit Mentigen – Kelebihan Bukit Mentigen adalah suasana yang sejuk dengan keindahan sunrise dan sunset yang bisa dinikmati. Banyak yang meluangkan waktu untuk berkemah saat senja hari untuk melihat bagaimana penampakan matahari saat kembali ke peraduan.

Jika ingin melihat sunrise yang memukau, sebaiknya datang pada dini hari. Bukit Mentigenjuga menjadi salah satu rute alternatif jika pendaki tidak inginmenggunakan jeep. Rute dimulai dari hotel daerah Cemoro Lawang Probolinggo. Pendaki bisa langsung berjalan kaki ke arah Gunung Bromo. Rute Bukit Mentigentergolong pendek.

Air Terjun Madakaripura Gunung Bromo

Ketika Anda mulai merasa lelah dalam pendakian menuju Gunung Bromo, bertemu dengan Air Terjun Madakaripura akan menjadi pengobatnya. Anda bisa bersenang-senang di tempat ini. Bermain air, berenang, atau sekedar menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Kelebihan AirTerjun Madakaripura adalah terdapat beberapa air terjun padatebing yang terselubung pada dinding kokoh alam. Air terjun ini sepertiterisolasi dari dunia luar tapi sangat layak untuk dieksplor.

B 29 Argosari Gunung Bromo

Tempat wisata Bromo Malang selanjutnya adalah B 29 Argosari. Terdengar kurang familiar, kan? Tapi, titik ini sangat nyaman untuk camping. Pasalnya, puncak B 29 Argosari adalah yang tertinggi ketimbang puncak lain yang ada di Gunung Bromo.

Dari Lumajang, jarak yang ditempuh adalah sekitar 40 km. ruteyang paling mudah untuk menuju ke lokasi adalah melewati Senduro Lumajang atau jalur selatan. Tak hanya untukcamping saja, tempat ini memiliki kondisi tanah yang cocok untuk motor cross.

Bromo Milky Way

Untuk menikmati indahnya gugusan gemintang di Bromo Milky Way, Anda harus melakukan perjalanan pada sore hari. Pemandangan di tempat ini sangat Instagramable dan cocok bagi pecinta fotografi yang melankolis. Fenomena ini bahkan tidak bisa dilihat dari gunung lainnya.

Hal inilah yang membuat pemandangan Bromo Milky Way diburu oleh fotografer dari berbagai penjuru dunia. Awalnya Bromo Milky Way tidak diketahui oleh masyarakat sekitar, baru setelah turis asing mengunggah video dan foto ke media sosial.

Keindahan Bima Sakti dari Bromo Milky Way mulai terkenal dan  mendapatkan perhatian lebih. Turis dariberbagai penjuru dunia turut berburu potret indah di Bromo Milky Way setiaphari. Jika Anda tertarik untuk memotret pemandangan eksotis tersebut, silahkandatang pada Bulan Mei hingga September. Sebab, langit akan terlihat lebihcerah.

Pasir Berbisik di Gunung Bromo

Pasir Berbisik juga merupakan salah satu judul film yang meraih penghargaan. Lokasi ini dipakai dalam salah satu adegan di dalamnya. Keindahan Gunung Bromo terlihat elegan dari sudut pandang tempat ini. Pasir Berbisik akan melengkapi petualangan Anda di Gunung Bromo.

Pemandangan yang bisa Anda tangkap di sini adalah hamparan pasirseperti di daerah Afrika. Jika didengarkan dengan seksama, ada sayup suaraseperti desiran pasir yang diakibatkan terpaan angin. Inilah yang menjadi dayatarik utama bagi wisatawan. Lokasi Pasir Berbisik adalah di bagian dekat lerengKaldera.

Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Pura Luhur Poten juga bisa menjadi destinasi wisata Bromo yang menarik. Tempat peribadatan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu ini terlihat sangat eksotis. Sebab, setting-nya berada di area padang pasir yang luas.

Pembangunannya dimulai pada tahun 2000 dengan titik pemujaan untuk Dewa Brahma. Pembagian mandala atau zona di pura ini memadukan arsitektur khas Jawa dan Bali. Apalagi jika ada upacara Tirta Yatra atau memohon air suci, maka petualangan Anda akan lebih menarik.

Bentukbangunannya mirip dengan candi. Dilengkapi dengan beberapa reco atau patungyang dimaksudkan untuk melindungi pura. Hiasannya mirip seperti pura yangada di Bali mulai dari dewa, manusia, hingga hewan legenda.

Air Terjun Pelangi Gunung Bromo

Untuk menuju ke objek wisata di sekitar Bromo ini, traveler bisa melewati Kabupaten Coban jahe. Ketika memasuki gerbang utama Air Terjun Coban Pelangi, Anda harus melewati sebuah titian atau tangga naik turun dengan struktur yang sangat unik.

Di sebelah kanan atau kiri jalan yang dilalui, ada bermacam pohon serta batu tinggi dengan dinding raksasa yang memikat hati. Di tengah perjalanan sebelum mencapai tempat tujuan, ada jembatan dari kayu dan sungai kecil yang cocok untuk menghilangkan penat.

Nah, ada juga beberapa gubug yang menjual aneka makanan dan minuman. Semakin mantap untuk melepas lelah. Jika tenaga sudah pulih, lanjutkan perjalanan ke Air Terjun Pelangi.

Begitu sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan fenomena pelangi yang tercipta dari pembiasan cahaya matahari dengan percikan air terjun. Anda juga bisaberlama-lama di tempat ini. sebab ada tempat duduk yang nyaman mirip dengangazebo.

Lebih asyik jika Anda membawa tikar untuk bersantai dan selonjoran diarea sekitar air terjun.

Padang Rumput Savana Gunung Bromo

Lokasi PadangRumput Savana ada di bagian tenggara Gunung Bromo. Tempat ini merupakan padang rumput yang luas. Sebelum sampai ke Bromo, manfaatkan areaini untuk beristirahat. Apalagi jika pengunjung menggunakan rute Malang danLumajang. Keistimewaan tempat ini ada pada tebing kokoh yang menjulang di sekitar area padang rumput.

Ditambah lagi dengan adanya pegunungan kecil yang membuat lokasi layaknya setting film fantasi. Untuk menuju ke lokasi, Anda akan melewati padang pasir menggunakan kendaraan pilihan.

Jika mengunjungi wisata Bromo, jangan melewatkan 9 lokasi tersebut, ya! Dijamin Anda tidak akan merasa rugi dengan pemandangan yang disajikannya. Nah, pastikan juga untuk melakukan latihan fisik sebelum mendaki Gunung Bromo dan mengeksplor berbagai lokasi wisata yang menarik di sekitarnya. Selamat berlibur ke Bromo!

  • Add Your Comment