10 Kuliner Khas Kota Malang Yang Perlu Sobat Cobain

Hay sobat Gopensil, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tentang Kuliner Khas yang ada di Kota Malang. Sebuah kota yang banyak menyimpan hal-hal seru bagi saya sendiri.

Selain pemandangannya yang indah, suasana yang menyejukkan, Kota Malang juga menyediakan banyak sekali aneka makanan yang khas, dan perlu di coba saat berada disana. Disini hanya ada beberapa sih yang bisa saya tulis dan ulas kembali.

Sebenernya masih banyak sekali kuliner atau jajanan khas di Malang, namun saya akan menuliskannya 10 daftar saja hehe, maaf ya untuk yang nggak masuk di daftar ini, bukan berarti nggak terkenal, cuman saya saja yang belum tahu.

Kuliner Khas Kota Malang – Soto Ayam Lombok

Dinamakan Soto Ayam Lombok, bukan berarti makanan ini khas dari lombok loh ya, Makanan yang satu ini mendapatkan julukan tersebut dikarenakan warung ini pertama kali dibuka tepatnya di Jalan Lombok, Malang. Warung ini sudah buka sejaaak tahun 1955.  Selain itu warung yang menyediakan makanan khas Malang ini juga sudah memiliki banyak sekali cabang yang ada di Kota Malang, dengan tetap memiliki cita rasa yang khas.

Namun tentu saja masih banyak yang lebih memilih untuk menikmati soto ayam lombok yang ada di Jalan Lombok.  Untuk menikmati soto ayam lombok ini, sobat bisa menyediakan uang sekitar 10rb hingga 15rb untuk dapat menikmatinya. Dan untuk sampai dilokasi ini sobat bisa datang di alamat : Jln. Lombok No.1, Kasin, Kota Malang  

Kuliner Khas Kota Malang – Pos Ketan Legenda

Kuliner pos ketan legenda ini sebernarnya terletak di Kota Batu. Sebuah kedai kecil yang terletak di sekitar Alun-Alun Kota Batu.   Kedai ini telah beridir sudah lebih dari puluhan tahun lalu tepatnya sejak 1967 dan selalu ramai oleh para konsumen terlebih saat menjelang malam hari.

Menu utama disini adalah Ketan dengan berbagai jenis topping seperti durian, messes, keju, nangka, pisang susu, gula merah dan aneka jenis topping lainnya.   Pos Ketan Legenda terletak di Jl. Kartini No.6, Ngaglik, Batu. Harga berkisar mulai dari 8rb-an dan sobat sudah bisa menikmati jajanan di Pos Ketan Legenda.  

Putu Lanang Cokelat

Warung penjaja jajanan pasar paling tua di Kota Malang ini didirikan sejak tahun 1935 oleh Bu Soepijah. Walaupun hanya menyediakan aneka jajanan dan kudapan ringan saja, namun rasanya tidak kalah lezatnya dengan jajanan lainnya.  

Misalnya seperti Kue Putu, Cenil, Lupis dan juga Klepon yang bikin lidah ngiler. Jajajan yang disediakan memang sederhanan namun tetap memiliki banyak sekali peminat yang selalu ramai sepanjang hari.   Putu Lanang Cokelat terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen, Malang. Harga jajanan disini berkisar mulai dari 10rb-an.  

Depot Hok Lay

Depot Hok Lay berdiri sejak 1946, saat sobat sedang jalan-jalan mengelilingi pusat jantung Kota Malang. Jangan lupa untuk mencicipi lunpia Khas Hok Lay ya sobat.   Selain menyediakan Lumpia disini juga menyediakan sajian Pangsit Cwi Mie dengan aneka sajian seperti daging ayam, pangsit yang renyah, bawang goreng dan juga daun bawang.

Adapula makanan penutup, sobat bisa memesan minuman Fosco dll.   Terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 10, Klojen, Kota Malang, harga jajanan disini berkisar mulai 6rban untuk Es Fosco dan 15rban untuk Cwi Mie.  

Depot Bug Matira

Depot Bug Matira ini berdiri sejak tahun 1935, bagi sobat yang suka dengan olahan masakan khas Madura bisa nih mampir disini. Walaupun sebenernya makanan disini tidak akan kita jumpai di Madura. Hal ini karena pendiri depot ini adalah orang Madura yang bertempat tinggal di Malang.

Isi dari satu porsi Nasi Bug Matira sangat bervariasi, dengan aneka pilihan lauk seperti serundeng, babat, paru, jantung empal, ayam, sayur lodeh, rebung, telor bali, dan tahu dll.   Harga makanan disini berkisar mulai dari 30rban setiap porsinya, untuk datang kesini, sobat bisa datang pada alamat berikut Jl. Trunojoyo 10E/F, Kota Malang.

Angsle dan Ronde Titoni

Makanan khas Malang ini sudah berdiri sejak tahun 1948. Nah bagi sobat yang mencari kehangatan di Kota Malang saat malam menjelang, bisa dengan datang mengunjungi jajanan ini.  

Dengan suasana kota Malang yang sangat dingin saat malam hari akan cocok sekali dengan mengunjungi Kedai Angsle dan Ronde Titone.   Untuk harga jajanan disini berkisar mulai dari 7rban hingga 9rban. Berlokasi di Jln. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang  

Kuliner Kaki Lima – Sego Resek

Kuliner khas Malang Sego Resek ini sudah ada sejak tahun 1959. Dengan racikan bumbu tradisional yang diaduk menjadi satu bareng nasi ini akan memberikan cita rasa nikmat yang khas.

Makanan ini di masak menggunakan arang, selain itu sobat juga bisa mencicipi ragam menu masakan lainnya seperti nasi goreng, nasi mawut dan lainnya yang merupakan menu andalan yang di dirikan oleh Bpk Noto dan Ibu Sadiah.   Harga makanan disini berkisar mulai dari 8rb, sobat bisa datang pada alamat berikut ini Jl. Brigjen Katamson No. 4, Kauman, Klojen, Kota Malang, untuk dapat menikmati makanan disini.  

Depot Rawon Nguling

Depot ini berdisi sejak 1942, hampir setiap hari warung ini selalu ramai dengan berbagai pengunjung yang datang mencicipi makanan yang disediakannya, berada di dekat jantung kota Malang.   Ada dua jenis varian rawon di depot ini yakni rawon dhengkul dan rawon biasa.  

Untuk menikmati makanan di depot ini sobat bisa datang ke alamat berikut Jl. Zainul Arifin No.62, Klojen, Kota Malang, untuk harga berkisar mulai dari 27rban.  

Makanan Khas Malang – Tahu Lontong Lonceng

Tahun Lontong Lonceng memberikan sepiring tahu lontng lonceng dengan variasi kecambah, mentimun dan aneka bumbu kacang yang khas yang akan memanjakan lidah sobat saat pertama kali mengunjungi depot ini.  

Untuk harga tahu lontong di sini berkisar mulai dari 8rban hingga 10rban. Berlokasi di Jl. Laks. Martadinata No. 66, Kota Malang.  

Makanan Khas Malang – Rawon Brintik

Rawon Brintik ini sudah ada sejak tahun 1942. Rawon Brintik ini akan lebih nikmat apabila disajikan dengan sepotong tempe goreng yang renyah dengan ditemani kerupuk udang.  

Dengan paduan hitam kental dan bumbu rempat yang sangat nikmat akan pas sekali disantap saat cuaca sedang dingin.   Harga makanan disini berkisar mulai dari 20rban dan untuk sampai disini sobat bisa datang pada alamat Jl. KH. Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.  

Nah itulah 10 Makanan khas Malang yang ada di Malang yang bisa saya bagikan, Semoga bisa lebih banyak lagi daftar kuliner Khas Malang yang bisa saya bagikan lagi. Terima Kasih

  • Add Your Comment